Inside Out

So, uhm… it’s 11:48 pm now and i will tell you a good story. Jadi malem ini aku bakal ngereview satu cerita baru buat kalian yang sebenernya udah rilis lama banget dan barusan selesai aku tonton beberapa detik yang lalau langsung aku nulis review ini. Wkwkwk. Nah oke, disutradarai Pete Docter, film satu ini bener – bener satu film dengan ide yang baru yang mungkin nggak bakal kepikiran sama beberapa orang. Yang sumpah bikin aku bombay bombay di akhir cerita. Dan menyedari begitu bayak hal dalam hidup ini yang harus begini begitu. #sokpuitis. Lol

Cerita ini menceritakan seorang gadis kecil bernama Riley. Tapi sebenernya tokoh utama di sini adalah kelima pemikiran yang ada di dalam otak atau pemikiran si Riley (yang sebenernya setiap orang juga punya). Jadi gimana kelima karakter ini melakukan pekerjaan dengan sebuah panel yang intinya, apa yang mereka lakukan, putuskan, tentukan, itu yang bakal jadi tindakan Riley. Yang ngebentuk pribadi seorang Riley.

Nah si Riley ini, dengan pekerjaan dari kelima karakter tersebut, Joy, Sadness, Discusting, Anger sama Fear, ngebentuk pribadi seorangRiley yang ceria banget. Kehidupan dia mulai dari kecil sampe dewasa selalu dipenuhi dengan kebahagian. Jadi bisa dilihat disini kalau peran si Joy kayaknya macem pentolan gitu ya. Terus, di awal cerita utama, penonton bisa nangkep kalau semua memory yang sudah kebuat, ceritanya setiap 1 hari bakal ada memory buat setiap kegiatan yang dilakuin sama Riley berbentuk bola dari batu tapi bersinar terus ada cuplikan bayangan di batu itu. Tiba – tiba si Sadness pegang batu itu dan batunya ya, jadi kesedihan. Jadi menurut aku, di sini Sadness itu semacam pengganggu. Kenapa harus menyentuh bola kenangan kebahagiaan. Akibatnya kan bakal jadi kenangan yang buruk kan. Karena kejadian itu si Joy marah. Tapi bukan marah pada kata sebenernya, karena namanya sendiri, Joy, jadi nggak mungkin marah. Jadi marah disini adalah si Joy mencoba menghentikan Sadness buat pegang ini itu supaya kebahagiaan yang sudah ada itu nggak kacau. Tapi malah, jadi kacau. Wkwkwkwk.

Dalam film ini digambarin kalau tempat kerja dari kelima karakter ini semacam ruangan yang ada di dalam pikirannya si Riley. Satu ruangan yang memang digambar sesuai dari tampilan orang itu, Riley, maupun orang – orang lainnya. Dan karena kejadian kacau tadi ngebuta si Joy sama Sadness keluar dari ruangan utama itu dan kelempar ke tempat yang menjadi semacam penyimpanan memory dari Riley. Jadi yang tersisa di kantor utama adalah Discusting, Fear sama Anger. Duh kebayang dong ya gimana jadinya kalau seseorang cuma punya 3 kepribadian itu?. Dan yap benar. Riley jadi anak yang kacau karena kepindahannya ke kota lain. Nggak ada teman, perasaan rindu dan bla bla bla. Dia kabur dari rumah dengan pesen tiket bis, pakai uang siapa? Mamanya. Dapet dari mana? ATM mamanya. Dari mana? dari dompet mamanya. Ide siapa? yap. Si Anger.

Mengetahui masalah ini. Joy sama Sadness tentu harus balik ke ruang utama dong ya buat ngebantu Riley nggak menyimpang kayak gitu. Tapi namanya bukan film kan ya kalau berjalan mulus. Joy sama Sadness di sini harus ngelewati banyak tantangan dalam menuju ke ruang utama. Dan nggak hanya tantangan, tapi juga mereka berdua menemukan hal – hal baru yang ngebuta mereka menyadari kalau Joy sama Sadness itu ternyata saling membutuhkan.

Singkat cerita, mereka berdua sudah kembali ke ruang utama dan mulai memperbaiki perilaku Riley. Dan dari perjalanan Joy sama Sadness kelempar keluar itu ngebuta Joy menyadari kalau nggak cukup Joy aja yang kerja sendiri memperbaiki perilaku dari Riley. Ternyata Sadness juga bisa jadi penolong dan yap. Bola memory yang biasa cuma berwarna satu sesuai dengan pekerjaan karakternya. Nah bola yang keluar saat itu warna nya campur. Biru sama kuning. Hasil kerja dari Sadness sama Joy. Dan setelah – setalahnya, semua bola memory yang terbuat dari setiap kenangan yang warnanya nggak lagi satu tapi bermacam – macam. kehidupan Riley kembali lagi kayak dulu. Bahagia, menyenangkan. Dia ngomong sama orang tuanya apa sih yang menjadi kejengkelannya. Ketidaksenenganya dia karena mereka pindah. Dan mereka jadi keluarga yang bahagia lagi.

Nah seperti biasa, ngebahas masalah nilai – nilai nih. Apa sih yang bisa kita dapet dari nonton film ini? Kalau ngelihat review dari film – film sebelumnya, nilai yang tersampai’in mungkin nggak akan berlaku buat beberapa orang ya. Karena ya, memang tidak semua orang mengalami hal yang sama kan. Karena di film ini mengisahkan tentang sebuah pemikiran yang ada di dalam pemikiran setiap manusia, sepertinya pesan yang tersampaikan bagus banget buat setiap kita ynga udah nonton film itu. Aku sendiri udah bilang kan di awal cerita kalau aku bombay – bombayan. Hehe.

Review sebelumnya selalu ada beberapa pesan yang aku sampai’in kan. Nah kalau ini, aku bakal nyampai’in pesannya lewat narasi. Jadi, dari kejadian Joy sam Sadness keluar dari ruang utama itu. Kita bisa menyadari kalu, hal yang buruk dalam kehidupan kita itu sebenernya bukan sepenuhnya buruk. Kalau nggak ada keburukan, nggak ada kebaikan dong. Salah satu adegan dimana mereka berdua di kurung bareng Bibong, temen khayalan Riley yang ketemu sama Joy sam Sadness di luar ruang utama itu, di dalm sana ada badut yang jadi ketakutan buat Riley. Tapi malah, dari ketakutan tersebut lah yang bisa buat Joy sama Sadness bisa balik lagi ke ruang utama. Nggak cuma itu, temen khayalan Riley, Bibong, juga akhirnya hilang karena Joy sama Bibong sempet jatuh ke dasar pembuangan memory yang udah nggak diingat lagi sama Riley. Dan sayangnya, yang bisa keluar ternyata cuma si Joy. Dan di akhir cerita pun, nggak di kasih tau apakah Bibong bener – bener hilang dari ingatan Riley. Jadi ini juga membuktikan. Segala cerita yang ada dalam kehidupan kita itu nggak selalu, nggak semuanya bakal berakhir seperti semula, seperta sebahagia dulu. Tapi kita bisa kok ngebuat kebahagiaan yang baru. Bukan berarti meninggalkan apa yang dulu kita punya lho. Tapi kita bahagian dengan tidak menjadikan kenangan masa lalu ituu jadi belenggu buat kita. Malahan harus jadi penyemangat buat kita.

Dari Gunung Pati kota Semarang. Salam bahagia buat kalian. ^^

Screen Shot 2016-07-20 at 11.28.03 PMScreen Shot 2016-07-21 at 12.18.04 AMScreen Shot 2016-07-21 at 12.21.02 AMScreen Shot 2016-07-20 at 11.33.09 PM

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s