Brave Story

Jumpa lagi sama review dari film-film yang menarik buat ditonton yang sebenernya juga entah buat siapa aku nulis ini. Tapi yang pasti, siapapun kamu yang udah baca, kamu turut menyumbang sepercik harapan meskipun ngga terlihat. Dan juga aku berharap dari review yang aku tulis bisa bawa beberapa kebahagiaan sekecil apapun buat mengusir kesendirian seeorang mungkin? Hehehe. Ok langsung aja.

Masih dari creator yang sama dari film Spirited Away yang lalu. Film ini merupakan animasi Jepang yang menyuguhkan cerita menarik dengan sentuhan fantasi yang bisa aku bilang ngga ngebosenin sih. Disini ada seorang anak kecil yang kalau ditonton di menit-menit awal cuma anak kecil biasa dengan kehidupan yang menyenangkan. Tapi berubah di menit selanjutnya ketika penonton mulai ditunjukan sebuah konflik dimana sang ayah memutuskan bercerai bahkan ngomong terus terang sama si anak kecil, Wataru. Ngga sampe di situ ya penderitaan dari Wataru, karena ternyata pengarang membentuk sebuah narasi menyedihkan dimana si ibu jatuh sakit dan akhirlah menjadi kesendirian buat Wataru.

Sebelum beberapa kejadian di atas, sebelumnya Wataru sempet mimpi dan ketemu sama seorang anak seumuran yang misterius, yang ternyata, keesokkan pagi jadi murid baru di sekolah Wataru. Singkat cerita si anak misterius ini, Mitsuru, ternyata punya kekuatan misterius yang akhirnya ngebuat Wataru pengen masuk ke dunianya karena tau kalau di dunia Mitsuru dia bisa ngerubah semua hal buruk yang terjadi mendadak dalam hidupnya. Wataru akhirnya masuk leat pintu yang pernah muncul di mimpinya dan buat masuk ke dunia itu Wataru harus ngelewati tes. Lewat gambaran yang lucu campur seru, Wataru akhirnya berhasil dan di dunia itu dia jadi seorang Hero yang dipersenjatai pedang dengan 4 permata atau di sana di sebut gems, yang mana kalau dia bisa dapet kelima gems itu Wataru bisa ketemu sama Goddes of Fortune dan memohon satu permintaan. Jadilah tujuan dari Wataru masuk ke dunia itu adalah mengumpulkan ke lima gems, bertemu dengan Goddes of Fortune, membuat permohonan yang mana ingin keluarganya kembali.

Tapi singkat cerita, banyak kejadian yang dihadapin Wataru, ketemu sama orang-orang baru, ngehadepin bahaya, diselamatin, dan sebagainya yang akhirnya di penghujung cerita ngebuat Wataru mengubah permintaannya dari berharap keluarganya balik seperti sebelum konflik menjadi nyelametin kota yang saat itu diserbu sama ratusan iblis. Dan sekarang ngomongin soal pesan yang bisa kita tangkep, tentunya di setiap film seenggaknya ada satu hal yang bisa jadi panutan buat kita, begitu juga yang ada di film ini.

    1. Pesan ini ada di awal cerita, awal banget malah, kita diajarin buat disiplin, meskipun pesan nya ngga digambarkan secara gamblang. Jadi ceritanya Wataru kesiangan gara-gara mimpi itu, dia keluar kamar dan cuma ambil roti panggang buat sarapan. Di situ ayahnya sempet marah karena seharusnya makan sambil jalan itu ngga boleh. Pesan yang cukup ringan ya, dan lanjut ke pesan kedua.

    2. Si murid baru, alias Mitsuru, ceritanya lagi dibully sama satu geng gitu dan Wataru ngelihat. Mungkin kalau buat orang asing bakalan ngga peduli dan ngebiarin aja apa yang dilihat saat itu. Dan sebenernya Wataru juga punya hak yang sama karena emang belum kenal sama si Mitsuru. Tapi di situ dia ngeberaniin diri buat ngebela si Mitsuru, dan saat itu jadi momen dimana Wataru tau kalau Mitsuru ternyata punya kekuatan tersembunyi. Jadi di sini kita diajarin buat ngelakuin hal yang bener, tanpa memandang siapa yang ada di depan kita.

    3. Di pertengahan film, si wataru dan kawan-kawan di dunia barunya kepisah dan Wataru ketemu sama kakek yang misterius. Di lihat dari peggambaran tokoh, kakek ini kayak cendikiawan dan punya kuasa tertentu. Singkat cerita supaya Wataru bisa ketemu lagi sama temen-temennya yang ilang, Wataru harus ngelakuin sesuatu. Dalam ngejalanin tugasnya, Wataru didampingi bapak bapak yang lumayan gendut dan cabi, wkwkwk, masuk ke sebuah gua… tapi Wataru denger suara yang ngomong kalau dia ngga boleh masuk ke situ, karena sebenernya bapak itu musuh, dan bakal ngelakuin sesuatu yang berbahaya. Dan bener aja, sekian waktu setelah Wataru masuk ke gua, si bapak ini ngelakuin sesuatu ke Wataru, untung nya di situ ada Mitsuru yang nyelametin. Jadi, pesen yang aku dapet sih, jangan menilai orang dari tampangnya ya. Aku ngga ngomongin sesuatu yang buruk, cuma aku mau ngambil contoh kalau kadang buah yang luar nya bagus, kadang ngga sebagus sama dagingnya. So? pinter-pinter aja ya dalam memilih sesuatu. Bisa jadi dampak nya menentukan apa yang bakal terjadi sama kita. Menuju klimaks. Ceritanya Wataru sama Mitsuru udah ada di Tower of Fortune. Di sana mereka ketemu sama lawan mereka yang adalah diri mereka sendiri. Kita ditunju’in kalau di dalam diri kita sendiri, pasti ada sisi gelap yang bakal jadi penghambat dalam kehidupan kita. Karena berbahaya, tentu mereka saling nyerang tiruan diri mereka kan. Tapi kita malah ditunjukin kalau sebenernya ketika kita menyerang sisi gelap dalam diri kita, kita malah menyakitu diri kita sendiri. Jadi kayak pepatah yang ngomong kejahatan jangan dilawan sama kejahatan itu bener. Karena pada akhirnya bakal ngelukain diri kita sendiri. Jadi pilihan yang tepat adalah, dengan nerima kekurangan kita itu, memahami sisi gelap itu, dan menjadikan hal itu motivasi buat kita, semangat dan pembelajaran buat kita.

    4. Akhir cerita, Wataru akhirnya ketemu sama Goddes of Fortune. Dapet kesempatan yang langka bahkan ngelewati hal yang ngga sepeleh ya, justru Wataru ngubah permintaannya yang egois jadi nyelametin warga di kota yang lagi di serang sama Iblis. Goddes of Fortune nya sempet bialng, kalau Wataru cuma bisa minta satu aja, dan dia tau itu. Dia tetep minta kota yang hancur itu di selametin. Karena di dunia itu, dia ketemu sama orang – orang yang udah ngajarin banyak hal, dia harus bisa nerima takdirnya dan juga ngebentuk takdirnya sendiri. Jadi intinya kita kudu kuat!! Hehehe.

 

Oke, akhirnya kota nya selamet. Tapi Wataru mesti balik lagi ke dunianya tanpa sempet ngucapin salam ke temen-temen nya yang ada di dunia itu. Dan setelah kembali, ayah sama ibu nya tetp bercerai, tapi si ibu udah sembuh dan Wataru hidup berdua. Yang menyenangkan adalah, ternyata di dunia nyata ini, Mitsuru kembali bahkan adiknya juga yang diceritain tewas di masa lalu juga masih hidup. Wataru yang inget semua kejadian kaget dan hampir aja mau nangis karena saking sennegnya. Kamera langsung shoot ke muka Wataru, dia seneng, dan, ending!

Jadi, inilah akhir dari cerita Brave Story. Kita diajarin buat berani, dan bijaksana. Karena ketika kita ngelakuin hal yang bener, secara otomatis kita bakal dapet sesuatu yang terbaik yang Tuhan udah sedia’in buat kita.

Screen Shot 2016-03-19 at 7.33.17 PMScreen Shot 2016-03-19 at 7.37.08 PMScreen Shot 2016-03-19 at 7.35.00 PM

March 19, 08:24pm
Semarang, Gunung Pati – Perumahan Bukit Sukorejo blok G no. 2
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s